Apasih Pentingnya ABS?


Apasih Pentingnya ABS?

Saat ini banyak orang yang sudah memperhatikan keselamatan, apalagi dalam mengendarai mobil. Kini sudah hampir semua mobil keluatan terbaru, baik yang kelas atas atau menengah. Produsen mobil seakan berlomba untuk menempatkan teknologi yang akan menunjang keselamatan penumpang dan juga pengemudi. Teknologi yang kini sudah sangat dikenal masyarakat luas adalah adanya ABS atau Anti Lock Braking System. SIstem ini sudah banyak diterapkan pada berbagai jenis mobil. Salah satu mobil yang menggunakan teknologi ini adalah Toyota Rush. Nah, apakah Anda masih belum terlalu memahami sebenarnya apa kelebihan dari adanya ABS ini? Bagaimana cara kerjanya?

Berikut ini adalah penjelasan mengenai ABS yang perlu Anda pahami. 

ABS (Anti-lock Braking System)

Pernahkan Anda melihat atau bahkan mengalami sendiri situasi dimana Anda melakukan pengereman mendadak saat sedang pada kecepatan tinggi? Atau bahkan disaat hujan dan membuat jalanan licin. Pastinya hal ini akan membuat Anda kesulitan untuk bisa melakukan pengereman mendadak. Roda akan terkunci dan mobil sangat susah untuk dapat dikendalikan. Nah, disinilah ABS bekerja. ABS akan membantu Anda dalam melakukan pengereman mendadak serta membantu untuk mengendalikan mobil saat Anda melakukan pengereman mendadak.
Sebenarnya sistem ini sudah lama diterapkan untuk bapalan. Tanpa ABS, seorang pengemudi profesional juga akan kesulitan mengemudikan mobil mereka saat sedang di arena balap. Pengereman mendadak bisanya dilakukan dalam keadaan terpaksa, karena semua orang pasti akan menghindari melakukan pengereman mendadak. Kalau mobil tidak dilengkapi dengan sistem ABS, maka saat sedang melakukan pengereman mendadak, keempat roda Anda akan terkunci dan menyebabkan mobil akan meluncur dan susah untuk bisa dikendalikan.
Sebenarnya jika dikaitkan dengan teori, sistem ini untuk menghindari penguncian terhadap 4 roda. Jika roda mobil tidak terkunci, mobil akan lebih mudah untuk dikendalikan. Selain itu semua bagian ban mobil akan melakukan pengereman sehingga dapat menghindari ban panas. Hal ini dapat membuat jarak pengereman akan menjadi lebih pendek dan juga daya cakram pada ban masih bisa untuk didapatkan.
Nah, bagaimana cara kerja dari ABS ini? ABS sendiri memiliki 4 komponen utama yang saling terkait. Mereka memiliki fungsi yang berbeda satu dengan yang lainnya. Apa sajakah fungsinya?

1. Sensor Kecepatan

Pertama terdapat sensor kecepatan. Ini berfungsi untuk bisa membaca kecepatan roda. Ini terdapat pada setiap roda atau diferensial, tergantung dari pabriknya.

2. Katup Pengereman

Pada setiap jalur minyak rem ada katupnya. Katup ini yang dikendalikan oleh kontroler ABS. Biasanya ketup rem ada di 3 posisi yang berbeda.

- Katup Posisi Satu
Di posisi ini, katup posisinya terbuka penuh, jadi tekanan minyak rem secara penuh akan langsung diteruskan ke rem.

- Katup Posisi Dua
Di posisi ini, katup akan menghalangi tekanan minyak pada rem, jadi tekanan tidak akan diteruskan ke rem meskipun pengemudi telah menekan rem.

- Katup Posisi Tiga
Pada posisi ini, katup menghalangi sebagian dari tekanan minyak rem, hal ini menyebabkan tekanan yang diteruskan ke rem hanyalah setengah. Meskipun pengemudi sudah menekan rem secara penuh.

3. Pompa

Yang ketiga ada pompa. Pompa berfungsi untuk mengembalikan tekanan pada jalur pengereman yang dilepaskan oleh katup ke rem.

4. Kontroler / Komputer

Fungsi dari kontroler adalah sebagai otak yang dapat mengendalikan katup dan juga mengolah data dari sensor kecepatan yang ada pada ban.

Lalu bagaimana cara Kerja Rem ABS Mobil?

Sensor kecepatan pada ABS akan membaca kecepatan mobil setiap saat. Setelah itu sensor ini akan menyampaikan data kecepatan itu ke kontroler. Saat mobil sedang berada di kecepatan 100 Km/jam akan diperukan waktu selama 5 detik. Namun tentunya jika Anda melakukan pengereman normal, tidak akan terjadi penguncian pada kendaraan Anda. Namun saat melakukan pengereman mendadak, roda akan terkunci. Hanya membutuhkan waktu selama 1 detik sampai roda terkunci.

Nah kontroler ini akan menghentikan kendaraan secara maksimal dan terkuncinya roda saat pengerman tidak akan terjadi karena sebelum terkunci, kontroler ini akan mendapatkan data dari sensor kecepatan dan katup akan menghalangi tekanan dengan memerintahkannya untuk menutup atau membuka katup. Kontroler bekerja dengan cara dengan cara mengambil katup posisi dua atau katup posisi 3, sesuai perintah dari kontroler. 

Setelah putaran roda terdeteksi oleh sensor kecepatan, kontroler akan memerintahkan katup untuk mengambil posisi satu, yang membuat tekanan minyak rem kembali dan diteruskan ke rem. Cara kerja rem ABS terjadi dengan sangat cepat bahkan rata – rata sistem ini bisa 15 kali melakukan hal tersebut dalam waktu 1 detik saja.

Nah demikianlah cara kerja dari ABS, semoga dapat membantu Anda memahami kenapa sistem ABS ini penting pada sebuah mobil.

Komentar