Kelebihan dan Kekurangan Motor Matic

Populasi sepeda motor tiap tahun di Jakarta terus bertambah sampai 5 juta unit. Dari 5 juta unit, 70% merupakan motor tipe skuter metik alias skutik. Popularitas motor tanpa gigi ini terus meroket semakin hari. Ayo simak kelebihan serta kekurangan motor matic, berikut ini:

Kelebihan

1. Kinerja transmisi otomatis

Keunggulan utama yang dipunyai oleh motor matic merupakan tidak terdapatnya perpindahan transmisi semacam motor bebek ataupun sport manual. Pengendara hanya ngegas tanpa perlu repot oper gigi semacam manual. Dengan begini, pengendara cuma tinggal mengendalikan laju serta kecepatan motor yang sedang dikendarai.

2. Mengkonsumsi bahan bakar makin irit

Motor matic diharapkan motor yang hemat BBM. Namun pada realitasnya, motor matic cenderung lebih boros bila dibanding dengan motor bebek. Tetapi itu dahulu, sebab pabrikan sepeda motor berupaya supaya mengkonsumsi bahan bakar pada skutik terus menjadi irit tanpa wajib mempertaruhkan performa.

Buat skutik keluaran terkini, mengkonsumsi bahan bakarnya setara dengan motor bebek ataupun motor sport dengan kapasitas mesin yang sama. Bagaikan perbandingan, skutik dengan motor bebek bermesin 125 cc mengkonsumsi bahan bakarnya berkisar 45- 50 kilometer/ liter.

3. Kapasitas angkut benda kian besar

Konsumsi motor matic cenderung lebih gampang digunakan oleh siapa saja Ukurannya masih ramping dengan bagasi kecil serta dek kecil. Pada perkembangannya, skutik saat ini dapat mengambil alih kedudukan motor bebek secara totalitas. Skutik keluaran terkini bagasi di dasar jok lumayan besar, apalagi dapat menaruh helm half face.

Setelah itu desain dek, ukurannya lebih lega sehingga dapat bawa benda di bagian ini. Buat menunjang utilitas tiap hari, nyatanya rangka dek telah terus menjadi kokoh apabila menopang benda. Ini membuat guna motor matic terus menjadi andalan untuk motor keluarga.

4. Motor matic bobotnya relatif ringan

Sekalipun motor matic memiliki ukuran besar, pada realitasnya dari bobot kendaraan tercantum ringan. Apabila dibanding dengan motor bebek masa 2000- an yang tangguh, jelas motor bebek pada biasanya mempunyai volume yang lebih berat.

Seperti itu kenapa motor matic pula disukai golongan wanita. Timbulnya motor matic pada awal mulanya memanglah jadi angin fresh buat para perempuan yang mau mempunyai kendaraan bermotor, loh

5. Handling skutik lebih lincah

Motor matic mempunyai pengendalian serta kinerja yang teruji lebih baik daripada motor manual. Buat selap- selip ataupun akselerasi, motor matic lebih gesit, lincah bila dibanding dengan motor manual baik itu bebek ataupun sport.

Kekurangan

1. Dimensi roda kecil

Inilah hambatan utama motor metik yang terdapat di Indonesia, ialah ukuran roda rata- rata berdiameter kecil. Seperti itu kenapa skutik kurang aman apabila digunakan di jalur bergelombang ataupun jalur pedesaan yang belum diaspal.

Tidak hanya itu, suspensi single shock di balik pula tidak didesain melewati jalur rusak. Motor bebek ataupun motor laki dengan kopling manual jelas sesuai di pakai pada ekspedisi dengan jalur yang tidak rata serta berlubang.

2. Suspensi balik rentan ambles

Pada biasanya motor metik yang terdapat di Indonesia mengenakan suspensi single shock di balik. Kepribadian suspensi semacam ini memanglah empuk serta nyamana tetapi jelas tidak dapat diajak bekerja keras semacam double shock ataupun monoshock.

Apabila kerap terbuat angkut benda berat hingga rentan membuat shockbreaker ambles. Tidak cuma itu, suspensi semacam ini susah diajak bermanuver di jalur tanah ataupun semi off road. Apabila memaksakan selalu, bukan tidak bisa jadi shockbreaker jadi bocor sebab wajib bergerak hingga titik maksimalnya.

3. Bayaran perawatan relatif mahal

Perawatan skutik memanglah jauh lebih ribet bila dibanding dengan perawatan motor manual. Komponen CVT serta roller yang tertutup jelas lebih repot dikala pengecekan sebab wajib membuka cover CVT.

Bandingkan dengan motor biasa, pengecekan rantai serta roda lebih gampang sebab letaknya yang terbuka. Ini membuat bayaran perbaikannya relatif lebih murah dikala wajib bongkar roda.

Apakah kalian menyukai pemakaian motor matic atau manual? Ini dia kelebihan dan kekurangan motor matic yang perlu kalian ketahui.

Komentar